Sabtu, 30 September 2017

Rawa Galuga










Nama rawa ini tidak asing untuk warga sekitaran pagelaran, sukanagara dan tanggeung bahkan daerah lainnya, namanya rawa galuga terletak di desa bunjaya kec. pagelaran kab.cianjur.
Rawa ini setiap bulan agustus di kucek menurut istilah penduduk lokal atau kalau menurut bahasa indonesia di obok-obok airnya pake jala supaya ikannya pada mabok dan naik ke atas permukaan air lalu di tangkap.pemandangan alamnya  akan membuat anda terpesona serasa kembali ke jaman dimana kita masih kecil  areal pesawahan, suhu  yang sejuk dan masyarakat yang ramah membuat nilai tambah tersendiri ketika ke rawa galuga.
ikan endemik di rawa galuga ternyata ikan yang sangat lejat ketika dimakan dan mempunyai gizi tinggi namanya ikan nilem  (Osteochilus vittatus) tumbuh sangat baik di tempat ini selain ikan nila dan ikan mas.
untuk menuju ke rawa galuga kalau menurut jarak dari ibu kota pagelaran kurang lebih 12 Km namun ada jalan yang hanya bisa di lalui motor kurang lebih 2 Km sangat di sayangkan pemerintah daerah belum membuka akses jalan kesini ketika hujan jalannya sangat licin harus ekstra hati-hati dan jalan ini juga yang menghubungkan ke tempat Curug ngebul, Curug Cirangkong, Curug Cijampang .
Rawa galuga menurut Peta Perum Perhutani KPH Cianjur masuk ke kawasan Perum Perhutani BKPH Cibarengkok RPH Hanjawar timur II petak 1a dan masuk wilayah administratif Desa Bunijaya Kec. Pagelaran Kab. Cianjur menurut penuturan KRPH Hanjawar Timur II  Bapak Tatang Efendi. dan disini juga kita bisa kemping atau mandi bersuka ria bersama teman atau keluarga hanya satu yang tidak boleh harus meminta ijin dulu yaitu mancing ikan atau mengambil ikan tanpa sepengetahuan kepala desa Bunijaya kalau  anda tidak mau di tindak heheheh.