Selasa, 21 November 2017

Curug Cijampang Desa Situhiang Kec. Pagelaran Cianjur


Suasana sukanagara pagi ini mendung matahari seakan enggan menampakan diri, saya bergegas berangkat menuju arah desa situhiang kec. pagelaran dengan mengendarai motor trail kami berangkat bertiga menyusuri kebun teh milik PTPN yang terhampar sepanjang jalan sukanagara - pagelaran dengan jalan kelok - kelok mengingatkan masa SMP - SMA dulu saya bersekolah di sukanagara setiap hari melintasi jalur ini, kami berbelok dari jalan utama menuju jalan cibitung arah ke cijampang jalan yang dahulu konon jalan utama yang menghubungkan cianjur dengan cianjur selatan dan kondisi jalan yang sedang di cor beton.
foto dengan format 360 

Memasuki hutan lindung yang di kelola oleh Perum Perhutani KPH Cianjur nampak kebun pinus terhampar begitu lebat terjaga dengan benar keasriannya namun jalan yang kami lalui kurang begitu baik bekas jalan aspal yang sudah rusak tinggal menyisakan batu-batu.
Akhirnya kami sampai juga ke lokasi yang akan kami kunjungi namun kami tidak bisa langsung menggunakan motor ke lokasi curug karena jalan yang tidak memungkinkan dan kami lanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih satu kilometer menyusuri saluran irigasi yang sedang dalam perbaikan, ternyata untuk sampai ke lokasi curug cijampang kita harus ekstra tenaga dan kehat-hatian dikarenakan jalan yang di lalui belum banyak di ketahui orang, setelah memanjat tebing kami harus melintasi aliran sungai cijampang yang lumayan cukup deras dan sampailah di tepat di bawah Curug Cijampang yang konon menurut masyarakat sekitar memiliki cerita mistis karena di atas pasir di undak curug pertama terdapat makam tapi menurut penuturan warga sebenarnya bukan makam namun tempat peristirahatan eyang jampang manggung yang konon pula ada hubungannya dengan kerajaan jampang manggung di Cianjur namun saya kurang tahu persis sejarah nya. Curug Cijampang sangat alami belum banyak terjamah orang dengan ketinggian kurang lebih 80 M dan yang paling menarik di undak ke satu ada leuwi menurut bahasa sunda atau cekungan air yang dalam.  






Curug Cijampang terletak di Desa Situhiang Kec. Pagelaran Kabupaten Cianjur masuk dalam wilayah pengelolaan Perum Perhutani KPH Cianjur BKPH Sukanagara Utara RPH Hanjawar Timur I Petak 63a Luas 213,74 Ha  , untuk menuju ke curug cijampang sangat mudah kalau  menggunakan kendaraan bermotor untuk kendaraan roda empat hanya sampai ke bale desa situhiang sekitar 2 km dilanjutkan dengan motor bagi anda yang gak mau ribet dari cianjur tinggal naik elf (angkutan legendaris cianjur selatan heheh) jurusan cianjur sijampang dan berhenti di bale desa situhiang lanjut dengan ojeg sekitar dengan tarif Rp. 25.000,- namun saya sarankan untuk jalan kaki (bagi yang kuat) karena hamparan sawah dan suasana pedesaan begitu mempesona untuk di nikmati.




Apakah kalian penasaran ayo cepetan kesini jadilah anda bagian dari keindahan curug cijampang dan abadikan moment nya melalui medsos heheh mungpung masih gratis loh.....