Sabtu, 17 Februari 2018

Macakal Mini Museum Tani


Wah... ada yang baru di Objek Wana Wisata Pokland apaan tuh ?......
Wana Wisata Pokland terus berbenah menambah wahana baru untuk memanjakan para pengunjung, kali ini wahana baru yang beda dengan yang lainnya tapi sarat dengan kultur budaya cianjur yaitu Macakal Mini Meseum Tani, yang baru dua minggu yang lalu diresmikan oleh Ketua DPRD Kab. Cianjur dan ADM Perhutani KPH Cianjur.  Wahana ini termasuk yang paling unik karena menampilkan alat-alat tani khas Kab. Cianjur dengan bangunan berbahan baku bambu mengingatkan kita akan saung sawah diamana orang seperti saya pada waktu kecil sering bermain di saung sawah milik orang tua, bermain air melihat orang membajak sawah, melihat bagaimana caranya menanam padi dengan sebutan "tandur" dan banyak hal kenangan masa kecil yang masih terlintas dalam pikiran saya ketika memasuki wahana ini.


Dengan suasana alam yang mendukung dan penyesuaian dengan jaman now heheh di tempat ini menyajikan tempat selfie yang beragam mulai dari bangunan leuit ( Leuit dalam  bahasa indonesia adalah lumbung padi nama leuit adalah penamaan untuk suku sunda ) dan lisung atau lesung tempat menempa padi menjadi beras ketika dahulu belum terdapat penggilingan padi.  lesung dulu sangat terkenal bahkan sebagian masyarakat yang identik dengan ibu-ibu sebagai pengguna terbanyak lesung sering digunakan dengan banyak orang dan menjadikan suara khas seperti nyanyian membuat kegembiraan tersendiri bagi mereka, tapi mungkin anak sekarang tidak merasakan bagaimana lesung itu digunakan dan seperti apa kegembiraan para orang tua kita dahulu karena saat ini untuk melihat pabrik padi aja kita harus pergi ke desa-desa karena kalaupun ada di kota kita tidak dapat melihat langsung cara pengolahannya karena hampir semua pabrik padi memakai tembok yang tinggi sehingga tidak terlihat dari luar hal ini di sebabkan oleh aturan keamanan pabrik.





Untuk dapat mengetahui tempat ini anda cukup mudah datang saja ke Wana Wisata Pokland Desa Haurwangi Kec. Haurwangi Kab. Cianjur objek wisata ini di kelola oleh Perum Perhutani KPH Cianjur bekerjasama dengan LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan Wana Tani Pokland) dan PIhak Pemerintah Daerah Desa Haurwangi. 
Saya sarankan untuk anda yang tidak memunyai kendaraan pribadi jenis mobil ataupun motor jangan berkecil hati karena tempat ini sangat mudah dijangkau, tips langkah -langkah menuju Wana Wisata Pokland :
1. Dari arah bandung naik bus jurusan bandung cianjur atau bandung sukabumi minta di turunkan di      Pos PJR (Patroli Jalan Raya ) Cipeyeum atau kalau anda masih ingat jalan tol rajamandala persis        di   ujung tol rajamandala dari sana anda bisa jalan kaki kurang lebih 900 M atau naik angkot   
    jurusan Ciranjang-rajamandala atau naik ojeg.
2. Dari Arah Cianjur Naik Bus dari Jebrod atau lampu merah jalan pramuka terus minta turun di Pos 
    PJR (Patroli Jalan Raya Cipeyeum selanjutnya sama seperti point satu ada cara kedua dari 
    ramayana naik angkot jurusan cianjur-ciranjang lanjutkan dengan naik angkot lagi jurusan  
    ciranjang-rajamandala langsung sampai di depan pintu masuk Wana Wisata Pokland.
3. Dari Sukabumi naik bus jurusan sukabumi-bandung turun di Pos PJR (patroli jalan raya) lanjutkan      dengan Point satu.
4. Dari Bogor atau Jakarta dan sekitarnya naik Bus Karunia Bhakti atau Doa Ibu minta turun di Pos 
    PJR (Patroli Jalan Raya) lanjutan dengan point satu. 







Cukup mudah bukan jangan khawatir kesasar kalau ikut petunjuk diatas tinggal minta di turunkan ke kondektur di posisi seperti di atas tersebut karena hampir semua sopir atau kondektur bus hapal di mana Pos PJR.
Anda pernah kesini atau belum gak ada salahnya di coba lagi banyak yang baru loh heheheh.  ulasan berikutnya saya janjiakan memberikan ulasan tentang Klam renang Selfie di Wana Wisata Pokland tungguin ya.......