Sabtu, 17 Februari 2018

Pantai Batu Kukumbung Cidaun


Pesona alam cianjur selatan memang tiada duanya mulai dari curug, hutan, pantai,pegunungan sangat komplit walaupun belum tersentuh atau di ketahui umum semuanya.
Kec. Cidaun dengan Luas 1.894.500 Ha dengan ketinggian dari permukaan laut kurang lebih 10 MDPL (sumber Website BPS Kab. Cianjur) sangat landai untuk sebuah kecamatan, garis pantai yang memanjang mulai dari ciujung sampai dengan cilaki sangat strategis untuk dijadikan tempat wisata namun dengana pesona yang ada belum termaksimalkan dengan benar potensi wisatanya malah kalah bersaing dengan kab garut yang bersebelahan dengan kec. cidaun, kultur dan budaya cidaun memang unik ketika saya pelajari (penulis adalah orang cidaun yang lahir di cidaun ) budaya lokal yang sangat kental namun sekarang mulai tersisihkan dengan perkembangan jaman dulu ketika saya masih kecil kesenian mulai dari reog, dog dog, calung, wayang golek, jaipongan dan lain-lain sangat lekat dengan keseharian masyarakat cidaun tapi sekarang mulai memudar kesenian-kesenian tersebut paling bila anda penasaran datang ke cidaun dikala 17 agustus karena setiap tanggal 17 agustus semua kesenian khas cidaun suka dipamerkan.


Pantai Batu Kukumbung sebenarnya tidak jauh dari pantai jayanti kalau kita pakai jalan motong via hutan lindung kurang lebih 1,5 Km sudah sampai tapi karena akses nya sulit jalan tersebut jarang digunakan, sekarang dengan semangat Bapak Bupati Cianjur yang baru yang membuka akses jalur pariwisata di setiap tempat di Kab. cianjur sudah ada jalan masuk dari bayuning belok kanan ke objek wisata pantai batu kukumbung namun jalan nya masih berbatu sebagian di cor tapi untuk mobil kecil pun bisa masuk tapi hati-hati ketika berpapasan dengan mobil dari arah berlawanan karena jalan nya kurang terlalu lebar, Pantai Batu kukumbung sarat dengan cerita masyarakat yang melegenda untuk masyarakat sekitaran cidaun karena konon menurut cerita ada telapak kaki kian santang anaknya dari prabu siliwangi tokoh legenda jawa barat atau legenda sunda, namun ketika saya kesana telapak kaki itu sudah rusak dan ttidak nampak lagi sangat disayangkan.


Dengan batu karang yang tersebar di sepanjang pantai batu kukumbung sangat indah untuk sebuah pantai yang masih alami memberikan nuansa yang berbeda, namun sangat disayangkan keberadaan hutan lindung atau cagar alam kondisinya sangat memperihatinkan sudah habis di tebang oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, 15 tahu yang lalu di  pantai batu kukumbung tempat berkumpulnya rusa-rusa yang sengaja di lepas liarkan oleh pihak BKSDA pengelola hutan cagar alam sesekali sering terlihat badak cula satu di tempat ini namun sayang sekarang sudah musnah dengan hancurnya hutan cagar alam tersebut.

Menuju ketempa ini tidak terlalu sulit dan tidak semahal tempat lainnya tinggal bayar parkir saja kita sudah dapat menikmati suasana pantai yang masih alami. selamat mencoba ya bagi anda yang penasaran   hehehehe........