Minggu, 18 Februari 2018

Wana Wisata Citumang Pangandaran


PANGANDARAN Apa yang anda pikirkan tentang tempat ini ? pasti jawaban pertama pantai nan indah dengan alam yang mempesona dengan pernak pernik yang menggoda untuk di beli, kalau jawaban anda seperti itu berarti sama dengan saya heheh.
Pangandaran mempunyai luas wilayah 1.568,490 Ha tediri dari 10 kecamatan 93 Desa (sumber www.pangandarankab.go.id) dengan bentang pantai yang sangat panjang pangandaran berhasil menjadi primadona pariwisata jawa barat, menampilkan pesona alam yang cukup komplit mulai dari pantai, hutan cagar alam yang masih terjaga flora dan fauna nya.

Nah yang sekarang saya bahas adalah Wana Wisata Citumang, masuk dalam kawasan Hutan Lindung Perum Perhutani KPH Ciamis BKPH Pangandaran RPH Cisaladah secara administratif masuk ke Desa Bojong Kecamatan Parigi Kab. Pangandaran



Wana wisata ini berupa hutan lindung yang  memiliki  sumber air  berupa mata air dan sungai yang saat ini dimanfaatkan untuk wisata tirta berupa Pemandian Alam dan mengairi lahan pertanian dan kebutuhan air bersih masyarakat di sekitarnya. Potensi visual lansekap menuju lokasi cukup menarik dengan pemandangan alam berupa : panorama hutan dan batuan karst, sedangkan gejala alam/potensi visual lansekap di dalam kawasan yang mempunyai karakteristik khas adalah air terjun sungai dan panorama alam.


Jenis fasilitas yang tersedia saat ini adalah : 

1. CK / Ruang Ganti
2. Jalan setapak hutan ( Trail )
3. Camping Ground
4.  SELTER 
5.  KOLAM GUBYAG


Aksesibilitas
Wana wisata ini dapat dicapai dari berbagai Kota dengan kondisi jalan pada umumnya beraspal dan dapat dilalui kendaraan roda empat.   Dari Masih ada jalan setapak yang harus dilalui untuk mencapai WW Citumang melewati pedesaan + sepanjang 400 meter.
Beberapa jalur perjalanan dapat ditempuh sbb :
1.Garut – Tasikmalaya – Ciamis - Banjar – Pangandaran – Citumang : + 195 KM
2.Bandung – Tasikmalaya – Ciamis - Banjar – Pangandaran – Citumang: + 235 KM
3.Cirebon – Kuningan – Ciamis – Banjar - Pangandaran – Citumang : + 195 KM
4.Cilacap/Purwokerto – Kalipucang – Pangandaran - Citumang : + 105 KM
5.Pangandaran – Citumang : + 15 KM


kita  dapat melompat dari ketinggian 10meter dengan mendaki dahan2 pohon yang kokoh di depan gua sungguh santapan adrenalin yang bener-bener seru tapi jika anda kurang berani anda juga dapat berisirahat di kucuran air terjun kecil, dipijat dengan air sangat menyenangkan anda bisa melompat ke sungai itu dari air terjun kecil berketinggian 2.5 meter untuk dalamnya sungai ini sekitar 2-3 meteran jadi tidak perlu takut tertabrak batu-batu kali dan arus tidak deras disarankan datang pas musim kemarau agar arus tidak deras dan airnya jernih dan anda dapat duduk didalam gua yang letaknya tepat dibawah airterjun kecil sungguh menyenangkan. 

Aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Wana Wisata Citumang diantaranya :
1.    Berenang pada aliran sungai Citumang
2.    Outbond
3.    Trekking
4.    Bersampan / Cannoing
5.    Camping
6.    Sight Seeing
7.    Pendidikan & Penelitian
8.    Arena Flying Fox                              
9.   Perahu dayung/Canno                   
10. Ban / Pelampung                             
11. Kantin                                                 
12. Sewa Tenda Doom
   

Harga Tiket Masuk weekday Rp. 19.000,- dan weekand Rp. 24.000,- sudah termasuk asuransi jiwa, kayanya saya sarankan bagi anda yang mau kepangandaran dan punya waktu luang cobain kesini biar bisa merasakan sensasi yang berbeda dengan pantai tapi dalam aroma pantai.
untuk informasi pemesanan silakan hubungi :
Bapak wawan No Hp/Wa 0821 2654 6779  







Copyright Foto By Nanang