Minggu, 04 Maret 2018

Pantai Jayanti Pelabuhan Pertama di Cianjur


Tanpa kita sadari ternyata Cianjur punya pelabuhan nelayan pertama dan satu-satunya di wilayah Kab. Cianjur, dimanakah itu ? tepatnya di pantai jayanti Desa Cidamar Kec. Cidaun Kab. Cianjur, pernah kah kalian kesini ? mungkin sebagian orang cianjur bahkan lebih banyak tau keberadaan pantai ini tapi taukah anda apabila di pantai jayanti terdapat pelabuhan nelayan tertua dan pertama di wilayah cianjur selain waduk jatiluhur.
Pelabuhan jayanti konon pertama kali di buka pada tahun1987 atau kurang lebih 24 tahun yang lalu cukup lama untuk ukuran pelabuhan saya tidak tau pasti siapa orang yang pertama kali membuka pelabuhan ini ada rumor di masyarakat orang pertama yang membuka pelabuhan ini adalah orang-orang garut yang pindah ke cidaun namun cerita ini belum dapat saya validasi kebenarannya, mungkin karena akses yang sulit pada masa lampau membuat pelabuhan ini luput dari pengamatan pemerintah kab.cianjur dan pemerintah provinsi jawa barat.




Pesona pantai jayanti sebenarnya sangatlah indah kita ketika disini bisa menikmati sunset dan sunrise sekaligus dalam satu hari sejauh mata memandang pasir putih dan pasir hitam yang mengandung kadar besi tinggi dan hal ini yang menyebabkan maraknya penggalian pasir besi, dan ketika kita memandang ke arah garut tumpukan batu karang kokoh berdiri walau diterjang ombak besar tetap tegar berdiri, dalam perkembangannya seiring mulai membaiknya jakses jalan menuju cidaun pelabuhan jayanti mulai berevolusi dengan banyaknya perubahan dari yang awalnya pelabuhan ikan tradisional mulai nampak berbenah fasilitas mulai di bangun mulai dari dermaga, mercusuar, tempat pelelangan ikan, gedung serbaguna nelayan, hotel kelas melati sampai tempat hiburan malam pun tersedia. namun sampai saat ini belum nampak kapal-kapal besar yang berlabuh ke pelabuhan ini agak tertinggal oleh pelabuhan-pelabuhan di sekitar kab. garut apalagi sukabumi yang lebih maju dari segi fasilitas dan keberpihakan pemerintah.

lihat video nya disini

Dengan di buka nya jalur pantai selatan yang menghubungkan pangandaran sampai dengan ujung genteng bahkan banten jalannya cukup bagus dengan dan lebar dengan bahan cor yang di harapkan jalur ini bisa hidup, pemerintah provinsi jawa barat sudah memberikan akses angkutan dari pangandaran sampai sindangbarang sekarang ada angkutan umum damri dan budiman sebagai jalur perintis jabar selatan.





Ikan yang melimpah di sekitar pantai cidaun membuat nelayan sangat diuntungkan namun karena perahu tangkapan masih tradisional sehingga hasilnya tidak maxsimal padahal samudra hindia yang membentang luas sebagai batas negara republik indonesia dengan australia kurang maxsimal untuk kesejahtraan masyarakat nelayan cidaun butuh peranan pemerintah pusat sampai pemerintah daerah untuk mengembangkan pelabuhan jayanti ini untuk lebih besar lagi supaya bisa menopang ekonomi masyarakat cidaun bahkan cianjur secara umum.
Namun sangat di sayangkan tanah-tanah di sekitar pantai ini sudah di kuasai warga luar cianjur sehingga sangat sulit untuk pengembangan lebih besar lagi dan lagi harga-harga yang cukup mahal di banding di daerah garut hal ini menyebabkan sebagian wisatawan luar dari cianjur mulai beralih ke kawasan pantai di kab.garut, semoga pemangku kepentingan di pantai ini bisa membuat lebih baik lagi.