Jumat, 13 April 2018

Air Terjun Shanghiang Taraje Curug Terdahsyat di Garut Selatan


Garut Selatan adalah bagian dari wilayah Kab. Garut meliputi daerah Pameungpeuk, Rancabuaya, Bungbulang dan sekitarnya memiliki potensi alam yang sangat subur dan masih memiliki potensi yang belum tergali mulai dari pertanian, perikanan, peternakan dan sektor wisata yang di dominasi dengan wisata alam dan wisata bahari, hal ini cukup di respon oleh pemkab kab. garut dengan membangun fasilitas infrastruktur jalan maupun sarana wisata yang memadai sehingga membuat pembeda dengan kabupaten lainnya.

lihat videonya disini


Saya baru pertama kali masuk wilayah garut selatan via pakenjeng yang saya tahu garut selatan hanya wisata bahari nya atau pantai yang sangat indah dan mempesona namun saya terkagum-kagum dengan pesona alamnya, mulai masuk dari tarogong menuju arah bungbulang lanscape atau bentang alam berbukit-bukit dan hawa yang sejuk membuat saya sangat nyaman mengendarai kuda besi yang setiap saat mengantarkan saya ke tempat yang di inginkan dengan cepat kebetulan motor saya cukup nyaman untuk perjalanan jauh yaitu Yamaha Nmax lansiran 2018 didampingi Asisten Manager Wisata Perum Perhutani KPH Garut Bapak Zamil Abdul Aziz yang secara kebetulan menggunakan motor yang sama, jalur ini sangat nyaman untuk touring dengan menggunakan motor apapun jenisnya, tujuan kami adalah Curug Shanghiang Taraje yang berlokasi di Desa Pakenjeng Kec. Pakenjeng Kab. Garut masuk dalam pengelolaan Perum Perhutani KPH Garut Petak 131 RPH Halimun BKPH Sumadra.  Tempat ini membuat saya penasaran karena di perkenalkan oleh teman yang pernah kesana dan memperlihatkan foto-foto yang begitu exosotis menurut saya ketika saya coba kontak bapak zamil ternyata beliau malah bersedia mengantar saya syukur alhamdulilah.






Curug Shanghiang Taraje yang terletak di hutan lindung milik Perum Perhutani KPH garut sangatlah membuat saya takjub dengan ketinggian kurang lebih 100m dengan lebar hampir 30m membuat curug ini sangat beda dengan curug lainnya dan yang lebih azib lagi akses nya cukup mudah dari kota garut kurang lebih 45 Km atau bisa di capai dengan motor sekitar 1,5 jam bahkan bisa lebih cepat kalau membawa motor namun menuju lokasi sekitar 3 Km jalan mulai sempit hanya cukup untuk kendaraan roda empat kalau untuk motor tidak ada kendala. Saya sangat menikmati suasana alamnya yang sangata hebat kelestarian hutan yang terjaga dan memiliki legenda yang sangat kuat karena jalur ini adalah jalur tentara siliwangi ketika masa perjuangan Republik Indonesia.







Namun bagi anda pengguna Drone mau merk apapun jenisnya harus lah lebih berhati-hati di lokasi Curug Shanghiang taraje kenapa ? saya akan jelaskan secara ilmiah saja air terjun atau curug tersebut sangat besar debit air nya dan cukup tinggi untuk sebuah curug dengan kontur lembah membuat aliran air membawa angin dari atas kebawah dan di kembalikan lagi ke atas sehingga apabila menggunakan drone untuk terbang cukup mudah namun ketika mau landing atau turun sangat sulit itu yang saya alami ketika drone saya mau di turunkan gak mau turun padahal batre tinggal 30% membuat saya panik maklum drone yang saya gunakan adalah DJI Spark yang kekuatan terbang nya hanya 16 menit saja tapi berkat doa dan kesabaran akhirnya drone saya bisa turun walau meleset dari kordinat awal malah hampir landing di air dan ketika saya berbincang-bincang dengan ema pemilik warung di sekitar curug ternyata sudah hampir 4 drone yang hilang, hati-hati aja ya sob... kalau ke curug shanghiang taraje mengunakan drone gunakan saja drone nya dari atas sebelum curug biar lebih aman.
Hembusan angin dari curug membuat kita basah kuyup seperti di terpa air hujan tapi disinilah letak keasikannya heheheh tapi kalau anda mau aliran air yang jernih datanglah kesini pada waktu musim kemarau dan jangan ragu air nya berkurang karena debit air di curug ini mau musim hujan ataupun musim kemarau tidak begitu berubah signipikan dikarenakan hutan yang terjaga membuat debit air tidak berubah.
Apabila saya mau memberikan peringkat untuk curug ini saya kasih nilai 9 di antara curug yang pernah saya kunjungi di wilayah jawa barat namun tetaplah kita harus berhati-hati ketika debit air tinggi jauhi aliran sungai yang sewaktu-waktu bisa meluap tanpa kita sadari, apabila anda penasaran dan butuh guide untuk menuju ke Curug Shanghiang Taraje silahkan hubungi Asman Wista Perum Perhutani KPH Garut  Bapak Zamil Abdul Aziz dengan nomor Hp/Wa : 0822 4009 7101.
Saya yakin anda akan terlena dengan curug yang satu ini karena akses yang mudah dan tidak berbahaya cobain ya.......