Selasa, 01 Januari 2019

Serunya Ikut Pesilat CS (Perkemahan Silaturahmi Cianjur Selatan)


Camping atau perkemahan begitu menarik buat saya walau tidak se expert orang lain seperti contoh teh okti yang owner dari tehokti.com beliau begitu familiar dengan suasana camping karena suami dan anaknya juga pecinta camping dan naik gunung jadi kompak deh kemanapun selalu bersama hehehe.
Awalnya saya di beritahu oleh bapak Nanang selaku pengurus Wana Wisata D'Reungits Forest kedatangan dari komunitas Rorompok Cianjur Selatan akan menyelenggarakan perkemahan di lokasi wisata itu, saya tertarik dan meminta info contact person nya dan akhirnya nyambung jadilah kami janjian kopdar di cianjur kota, kang Hari Lutfi dari Rorompok Cianjur dan kang Sofi Sofianudin Sebagai ketua pelaksana kegiatan menerangkan secara gamblang rencana Perkemahan tersebut dan saya dengan sigap merespon dan me reschedule semua jadwal untuk satu bulan kedepan supaya bisa hadir dalam perkemahan tersebut.



Akhirnya waktu Perkemahan Silaturahmi Cianjur Selatan sudah datang pada tanggal 29-30 Desember  bertempat di D'Reungits Forest Kp. Cipendil Desa Sukarame Kec. Sukanagara dengan rencana peserta kurang lebih 150 orang dan 27 komunitas pecinta alam keren kan.... saya datang lebih awal dari peserta lain disambut oleh panitia dan proses registrasi di mulai Pukul 14.00 WIB dan dari rencana semula terjadi perubahan peserta adapun komuitas yang hadir sebagai berikut :

- Exsplore Cianjur Selatan
- Lemur Adventure
- Jarang pulang Adventure
- Ngaprak
- Wara wari adventure
- karya institute
- Harimau Putih Adventure
- Curug Mania Cianjur
- MAHC
- Kompaks
- KPGIR cianjur
- KOL Adventure
- NA
- Ngaprak Jalur
- Ganas Rawon Simadu
- GPA
- REMPAKEM
- Yosbrayy
- Aprak JI
- Aden Adventure
- Djejak Tjianjoer
- Bringkad
- Paguyuban Pegiat Alam Cianjur
- GO Tubing & Outdoor
- GPN
- Jkm
- Genpi Cianjur
Peserta 108 Orang





Suasana yang terbangun begitu dahsyat menurut saya sekilas saya melihat rundown acara normatif saja namun begitu merasakan sendiri athmosfir keakraban yang terbangun membuat saya tertegun ternyata saya tidak sendirian dalam memperjuangkan wisata cianjur ada banyak anak-anak muda pintar, talenta tinggi dan semangat tanpa harus di bayar mereka mau bergerak menuju perubahan dengan gigih dan saya bertanya dimana letak pemerintah dalam hal pembangunan wisata cianjur ?  harusnya gerakan seperti ini mempunyai support yang kuat dari pemerintah daerah, mereka datang dengan biaya sendiri mengadakan acara sendiri demi satu tujuan ingin melihat dan merasakan maju bidang wisata dan alam nya tetap terjaga sungguh keinginan mulia.
















Saya mulai bincang-bincang dengan beberapa komunitas kebetulan saya bersebelahan dengan ketua komunitas Explore Cianjur Selatan kang Ruslan, sudah pada tahu kan heheh pastilah dengan jumlah follower Instagram diatas 5.000 orang keren kan, kami bincang-bincang tentang wisata cianjur, culture masyrakat cianjur dan berbagai hal tentang kelebihan cianjur yang belum tergali dengan sempurna banyak hal menjadi pengalaman selama diskusi dengan beliau. setelah sesi pembukaan selesai kali bagian komunitas Baraya Anjang-Anjangan untuk Ferform dengan musik alami nya suasana dingin se akan-akan panas seiring dengan puisi yang di selingi oleh musik karinding dan yang spesial malam itu adalah kegiatan ini di suport oleh West Java Coffee 87 asli hasil dari pegunungan sukanagara dan ada teh hijau lokal yang di buat dan di kemas di sukanagara, semakin hangat suasana yang lebih asyik lagi LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Wana karya Mekar selaku mitra pengelola dari Perum Perhutani KPH Cianjur mereka menyiapkan kulub sampeu (Rebus Singkong) lengkap dengan gula arennya.





Setelah saya tidur walau tidak lama kami bersiap untuk shalat subuh dan di lanjutkan dengan senam pagi yang secara kebetulan ada kumpulan ibu-ibu dari pagelaran yang ikut terlibat senam pagi makin seru aja nih heheheh. setelah beres senam kami bersiap akan kedatangan team BPBD Kab. Cianjur yang akan memberikan sekilas pengetahuan akan arti pentingnya sadar bencana alam dan sekitar jam 10 acara tersbut pun di mulai banyak hal tentang situasi bencan dan cara kita bersiap mengahadpinya disertai ilustrasi dari tampilan di layar semakin banyak ilmu yang saya dapat dan penutup panitia menyajikan nasi liwet dengan alas daun pisang keren bingits walau ada gerimis hujan tidak mengurangi keseruan kami dan sesi foto-foto pun di mulai walau sejak malam saya mulai selfie heheheh, secara lengkap kegiatan ini memiliki nilai tambah yang banyak bagi semua pihak mulai dari pengelola wisata dapat di promoskan secara gratis, ilmu pengetahuan tentang alam semakin bertambah dan yang terpenting silaturahmi dan kekompakan team yang di buat oleh Rorompok Cianjur patut di acungi jempol.








Rorompok adalah komunitas sosial/pengembangan sumber daya manusia khusunya pemuda. yang didirkan oleh para pemuda yang sering berkumpul berkomunikasi  berbagi ilmu dan pengetahuan dengan harapan menjadi pemuda yang bermanfaat bagi yang lainnya,  dan selalu berbenah diri menjadi yang lebih baik dari sebelumnya, berdiri sejak 16 Juni 2018 masih muda ya tapi karyanya azib Rorompok Cianjur Selatan di gawangi oleh : Ketua Hari Lutfi, Wakil Ketua  Muhammad Adim,  Sekertaris Bilal Mubarok, Bendahara Suhandi Terbentuknya Rorompok harapan dapat menjadi Wadah untuk menampung ide gagasan / pemikiran serta kegiatan yang memberikan dampak positif untuk sesama / menjadi motor penggerak pemberdayaan pemuda.

lihat video keseruannya disini


sekali lagi saya salut dengan semangat anak muda seperti ini semoga wisata cianjur lebih maju dengan keterlibatan komunitas-komunitas seperti ini.

     

add your comment
EmoticonEmoticon