Sabtu, 02 Februari 2019

Liburan Pintar, Wisata Seni Dan Budaya Ini Menambah Wawasan Kamu



Wisata seni dan budaya bisa menjadi tujuan alternatif kalian untuk menghabiskan liburan atau hanya untuk sekedar untuk mengisi waktu luang kalian. Banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan mengunjungi wisata semacam ini. Selain memberikan hiburan, wisata ini juga bisa menambah wawasan kalian tentang seni dan budaya dari daerah kalian ataupun budaya dari daerah lain.
Wisata seni dan budaya ini juga bisa menambah rasa bangga kalian terhadap Indonesia dan juga bisa menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri kalian. Namun sayangnya, generasi muda saat ini kurang berminat mengunjungi tempat-tempat yang memiliki nilai edukasi seperti wisata taman budaya, ataupun wisata kampung budaya yang menyuguhkan berbagai macam atraksi seni budaya. Sungguh sangat disayangkan karena sebagai penerus bangsa kita harus melestarikan budaya bangsa ini.
Jika kalian tertarik, sungguh banyak sekali tempat tujuan untuk mempelajari seni dan budaya yang terdapat di Indonesia, hampir semua daerah memilikinya terutama daerah provinsi Jawa Barat. Seni dan budaya Jawa Barat sangat beraneka ragam dan sangat menarik untuk dipelajari, oleh karena itu objek wisata kesenian dan budaya sunda perlu dilestarikan keberadaannya.
Contoh Wisata Seni dan Budaya Sunda
Salah satu contoh wisata seni dan budaya terbaru adalah Teras Sunda Cibiru. Objek wisata yang diresmikan tahun lalu ini memang belum banyak yang mengetahuinya. Selain sebagai sarana rekreasi, tempat ini juga dijadikan sebagai pusat kebudayaan khas Sunda yang terdapat di Bandung. Teras Sunda Cibiru juga digunakan sebagai sarana promosi dan edukasi kesenian dari Sunda ke mancanegara.
Tempat yang didirikan diatas tanah seluas hampir 5.600m2  ini terdiri dari beberapa bagian yang berbeda. Terdapat ruangan yang berfungsi sebagai galeri lukisan, lalu ada pula rumah adat khas Sunda. Selain galeri lukisan, disana juga tersedia workshop untuk para seniman melukis karyanya. Didekat galeri, sebuah aula besar digunakan untuk menampilkan pertunjukkan seni seperti musik, tari maupun drama.
Baru Diresmikan Tahun Lalu
Peresmian Teras Sunda Cibiru dilaksanakan pada akhir bulan Oktober tahun 2018 Lalu. Diresmikan oleh wali kota Bandung yang menjabat saat ini yaitu Oded M Danial. Acara peresmian dilakukan dengan menandatangani prasasti yang diletakkan di depan bangunan gedung ini. acara kemudian dilanjutkan dengan berbagai atraksi seni khas Sunda seperti pencak silat, tari Jaipong dan juga pameran lukisan.
Lokasi Teras Sunda Cibiru
Teras sunda Cibiru ini berlokasi di kawasan Bandung Timur, lebih tepatnya berada di dekat alun-alun Ujungberung dan Bundaran Cibiru. Selain sebagai sarana wisata edukasi seni dan budaya, tempat ini juga digunakan sebagai kantor RW dan Koperasi oleh penduduk di sekitar situ. Teras Sunda Cibiru ini juga dikelola oleh pemuda karang taruna desa setempat, yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Dan kebudayaan di kota Bandung.
Meskipun tergolong baru, rupanya banyak masyarakat yang tertarik berkunjung ke objek wisata ini untuk melihat apa saja yang terdapat di sini. Mereka sangat tertarik dengan bangunan yang di dominasi dengan bambu sehingga menimbulkan kesan tradisional. Selain bangunan yang terbuat dari bambu, disana terdapat tugu berbentuk bambu runcing setinggi sekitar 10m. ditempat wisata yang cocok untuk anak sekolah ini juga terdapat kolam untuk menambah kesan tradisional.
Jika kalian penasaran dengan tempat ini, kalian bisa berkunjung dan bebas menggunakan fasilitas yang ditawarkan. Selain itu, bisa menikmati berbagai atraksi yang disediakan di destinasi wisata seni dan budaya milik kota Bandung ini.


EmoticonEmoticon