Senin, 29 April 2019

Berburu Sunrise Di Gunung Bromo


Gunung Bromo (dari bahasa SanskertaBrahma, salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu) atau dalam bahasa Tengger dieja "Brama", adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa TimurIndonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten ProbolinggoKabupaten PasuruanKabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Sebagai sebuah objek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Ia mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. Sumber https://id.wikipedia.org


Kenapa saya langsung tulis tentang Gunung Bromo yang terkenal dengan Beautiful Sunrise nya ? karena saya secara tidak sengaja diajak temen untuk menghabiskan akhir pekan disana (walau saya sangat ingin mengunjunginya namun karena pendanaan dan waktu yang belum tepat sehingga baru kali ini kesampaian heheheh), semula kami akan berangkat membawa mobil sendiri karena ke malang bisa lewat tol namun karena pertimbangan banyak hal kami putuskan untuk ikut travel saja untuk memudahkan dan tidak ribet walau harganya cukup lumayan.
Nah ini dia ketika kami satu jam sebelum bernagkat ternyata pihak travel tidak sanggup untuk akomodasi dengan kereta akhirnya kami kelimpungan dan akhirnya dengan segala daya upaya dapat lah satu mobil travel dengan kapasitas penumpang 16 orang dengan tarif yang lumayan cukup murah untuk di jenis nya.
lihat keindahnnya disini

selama perjalanan karena kami hanya ber enam otomatis kursi banyak yang kosong dan kami bisa leluasa untuk berpindah-pindah tempat, dengan bantuan google maps kami mencoba untuk mengikuti intruksinya walau jujur saya pribadi baru pertama ke malang menggunakan mobil travel dan ternyata menggunakan mobil travel lebih mengakrabkan kami sepanjang jalan kami bersendau gurau dengan jalan yang menurut saya cukup bagus mulai dari masuk tol cikampek keluar tol pandaan Surabaya hanya di tempuh dengan waktu 13 jam saja namun biaya bayar tol membengkak karena mulai masuk tol cikampek sampai keluar tol pandaan surabaya kurang lebih tarif tol yang kami bayar sekitar Rp. 650.000,- cukup mahal namun terbayar dengan fasilitas dan pemandangan jalan tol yang kami lewati.
Sekedar Informasi carilah Jasa Travel yang bagus dan terpercaya untuk memastikan kita bisa berangkat dan pulang tanpa masalah.



Kami tiba d Kota Batu malang tepat jam 8 pagi hari setelah menempuh perjalanan kurang lebih 13 jam masuk hotel untuk istirahat dan mandi setelah perjalanan yang cukup melelahkan karena sekitar jam 12 kita sudah harus on schedule untuk jalan-jalan di kota batu kebetulan hotel tempat kami nginap tepat di depan kantor Wali Kota Batu Malang.  Dan setelah Sholat Dzuhur kam jalan-jalan lagi keliling Kota Batu mulai dari Meseum Angkut yang cukup terkenal sampai ke lokasi pusat budidaya Apel Malang sambil icip-icip kuliner Kota Batu.  Kota Batu cukup tertata rapih dengan ciri khas jawa yaitu jalan yang lebar-lebar dan kota batu penataan kotanya cukup keren dan tertata mirip kalau di jawa barat dengan Kabupaten Garut jadi lokasi wisata, tempat kuliner dan pusat oleh-oleh cukup mudah d jangkau walau garut jalannya kecil-kecil, setelah acara jala-jalan selesai selepas maghrib kami balik lagi ke hotel untuk istirahat.




Jam 11 Malam kami sudah bangun dan bersiap-siap menuju tempat tujuan utama yaitu Gunung Bromo dan tepat jam 12 kami berangkat lagi dengan perjalanan hamir 2,5 jam kami sampai di lokasi penjemputan dengan berganti mobil menggunakan mobil jeep ofroad keren kan heheheh cuaca cukup lumayan bagus, selanjutnya kita berangkat menggunakan jeep dan sampai tepat pukul 4 pagi dan kami melihat pemandangan yang memukau ketika melihat pancarahan cahaya lampu dari sekitaran malang sampai surabaya dan setelah tiba waktunya sholat subuh kami bergantian sholat karena tempatnya yang cukup kecil tapi tidak mengurangi ke khusuan sholat apalagi di tempat tertinggi seperti ini. Yang dinanti jauh-jauh dari cianjur akhirnya muncul sang matahari atau sunrise menurut bahasa inggris Subhanalloh Ciptaan Mu Ya Rob begitu indah mengingatkan kita bahwa kecilnya kita dibandingan alam yang Alloh ciptakan tapi mengapa kita begitu sombong dengan keangkuhan maapkan hambamu ini ya rob..





Setelah puas dengan Sunrise nya kami turun menuju Kawah Gunung Bromo namun sayang karena sedang erupsi kami hanya boleh mendekat sekitar 2 km dari bibir kawah untuk menjaga keamanan dan kami berfoto-foto saja seperti biasa di padang sapana dan bukit teletabis tak habis keindahan bromo hampir di semua sisi menyimpan keindahan yang begitu mempesona dan anugrah yang sangat berharga dan bernilai jual tinggi untuk masyarakat sekitar gunung bromo.




Akhirnya cukup sampai disini dulu ungkapan keindahan gunung bromo nanti saya akan kembali lagi bila ada umur panjang dan diberikan kesehatan amin.....
Buat kamu yang ingin merasakan sensasi Gunung Bromo siapkan dana yang cukup ya ......

   

add your comment
EmoticonEmoticon