Kamis, 24 Januari 2019

Mencicipi Lezatnya Aneka Kuliner Khas Cirebon Yang Menggoyang Lidah



Aneka kuliner khas Cirebon yang beragam menjadi daya tarik bagi para pecinta kuliner. Ada banyak sekali makanan khas yang bisa membuat selera Anda tergugah. Letak kota Cirebon yang berada di antara perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah membuat makanan khas kota ini menjadi kaya akan cita rasa yang istimewa, karena terpengaruh oleh dua budaya Jawa yang berbeda.
Selain rasanya yang lezat, berbagai macam kuliner khas dari kota yang berjuluk Kota Udang ini juga memiliki nilai historis. Jika kamu belum pernah menikmati lezatnya wisata kuliner Cirebon, maka kamu wajib mencoba kuliner Cirebon yang legendaris dan terkenal. Ada banyak sekali tempat makan enak di Cirebon yang bisa kamu datangi mulai dari warung kaki lima, hingga restoran ternama yang menyediakan menu khas kota Cirebon.
Nasi Jamblang Khas Cirebon yang Paling Terkenal
Aneka kuliner khas Cirebon nasi jamblang adalah kuliner Cirebon yang paling terkenal. Nasi Jamblang sebenarnya tidak begitu berbeda dengan nasi putih yang sering kita makan, hanya saja perbedaannya adalah nasi jamblang disajikan dengan cara dibungkus oleh daun jati. Sehingga membuat nasi terasa lebih gurih dan aromanya sangat sedap. Selain itu, penggunaan daun jati sebagai pembungkus juga bertujuan agar nasi tidak cepat basi.
Porsi nasi jamblang yang kecil dipadu dengan berbagai macam lauk pauk seperti telur, tempe bacem, sate ayam, urap-urap dan aneka lauk lainnya menjadikan nasi jamblang menjadi lebih nikmat. Biasanya rumah makan nasi jamblang di Cirebon menyajikan makanan ini dengan cara menyusun lauk dipiring-piring yang berbeda, kemudian diletakkan di atas meja prasmanan sehingga pengunjung bebas memilih lauk yang disukai.
Nasi Lengko Khas Cirebon dengan Saus Sambal Kacang yang Gurih
Selain nasi Jamblang, salah satu aneka kuliner khas Cirebon yang juga terkenal dari kota Cirebon adalah nasi Lengko Cirebon. Bagi kamu yang belum tahu tentang nasi Lengko ini, kalian pasti merasa nama penganan ini sangat unik. Nama nasi lengko berasal dari bahasa sunda yang artinya jarang atau langka, namun banyak juga yang mengkaitkan kata lengko dengan arti lengkap. Warung nasi lengko Cirebon dapat kita temui hampir di setiap sudut kota ini.
Kuliner ini terdiri dari nasi putih dengan lauk tahu dan tempe goreng ditambah dengan irisan sayuran seperti timun, tauge dan daun kucai. Kemudian disiram dengan saus sambal kacang serta kecap yang diaduk menjadi satu hingga tercampur rata. Setelah itu, agar lebih nikmat ditambahkan pula dengan taburan bawang goreng diatasnya. Perpaduan rasa antara saus kacang dengan bahan bahan tersebut membuat rasa yang sangat nikmat dimulut.
Tahu Gejrot Cirebon Dengan Rasa Yang Unik
Aneka kuliner khas Cirebon satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Ya tahu gejrot merupakan salah satu jajanan paling populer khususnya di daerah Jawa Barat dan sekitar Jakarta. Disebut Tahu Gejrot karena cara membuatnya yang di “Gejrot” atau ditekan-tekan.  Penggemar tahu gejrot khas Cirebon tak hanya dari anak kecil saja, remaja bahkan orang dewasa pun sangat menyukai penganan ringan ini.
Seperti namanya “tahu gejrot“ makanan ini terbuat dari tahu yang digoreng lalu ditambah dengan bumbu bawang merah dan cabai rawit yang diulek, lalu diberi kuah yang terbuat dari campuran gula merah dan cuka. Setelah itu tahu diiris kemudian digejrot hingga tercampur dengan kuahnya. Rasanya sungguh unik, perpaduan antara rasa manis, asam dan pedas membuat siapapun jadi ketagihan.
Itulah beberapa nama panganan yang terkenal dari kota udang Cirebon. Jika kamu datang ke kota tersebut kalian bisa mendapatkannya dengan mudah karena saat ini sudah banyak tempat makan yang enak di Cirebon jadi jangan lupa untuk mencicipi aneka kuliner khas Cirebon.

add your comment
EmoticonEmoticon