Senin, 21 Januari 2019

Tempat Rafting Terbaik di Cianjur


Aliran sungai citarum membentang dari gunung wayang melintasi bandung,cianjur dan berakhir di Ujung Karawang, panjang sungai ini hampir 300 km dan sungai terpanjang di Jawa Barat, menurut sejarah sungai citarum erat kaitannya dengan  Kerajaan Taruma, kerajaan yang menurut catatan-catatan Tionghoa dan sejumlah prasasti pernah ada pada abad ke-4 sampai abad ke-7. Komplek bangunan kuno dari abad ke-4, seperti di Situs Batujaya dan Situs Cibuaya menunjukkan pernah adanya aktivitas permukiman di bagian hilir. Sisa-sisa kebudayaan pra-Hindu dari abad ke-1 Masehi juga ditemukan di bagian hilir sungai ini. Sejak runtuhnya Taruma, Ci Tarum menjadi batas alami Kerajaan Sunda dan Galuh, dua kerajaan kembar pecahan dari Taruma, sebelum akhirnya bersatu kembali dengan nama Kerajaan Sunda. Citarum juga disebut dalam Naskah Bujangga Manik, suatu kisah perjalanan yang kaya dengan nama-nama geografi di Pulau Jawa dari abad ke-15 (Sumber Wikipedia.org).






Aliran Sungai citarum menjadi batas alam antara Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat dan di wilayah Cianjur dimanpaatkan salah satunya untuk Rafting atau wahana arung jeram yang terletak di Kp. Muhara Desa Haurwangi Kec. Haurwangi dengan panjang lintasan 12 km start dari Bantar Caringin dan finish di Kp. Muhara tepat di bawah Wana Wisata Pokland.






Kegiatan ini adalah acara resmi Genpi Jawa barat yang mempromosikan wisata yang ada di Jawa Barat. Generasi Pesona Indonesia (GenPI) adalah sebuah komunitas yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia. GenPI merupakan pengejawantahan dari program promosi wisata “go digital” yang tengah gencar dilakukan oleh Kemenpar sebagai salah satu strategi pemasaran pariwisata Indonesia. Anggota GenPI terdiri atas anak-anak (berjiwa) muda yang selama ini aktif melakukan promosi pariwisata melalui media sosial seperti blog, facebook, twitter, instagram, dan lain lain. Karena fokus promosi dalam dunia digital maka anggota GenPI sering dijuluki Laskar Digital Merah Putih.
GenPI Jawa Barat sendiri dikukuhkan pada hari Sabtu, 6 Agustus 2016, di The Green Forest Resort Bandung oleh Katijah, Kepala Bidang Target Pasar yang mewakili Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara (Asdep SP2N) yang saat itu masih dijabat oleh Waty Moenari. Dari sejarah di atas GenPI Jabar adalah komunitas kedua yang dibentuk setelah GenPI Lombok Sumbawa. Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan bahwa pembentukan GenPI merupakan salah satu bentuk komitmen Kemenpar untuk menghidupkan media sosial (Medsos) di kalangan anak-anak muda Indonesia. Apalagi untuk memenangkan pasar pariwisata dunia, Indonesia harus menguasai dunia digital. “More Digital, More Personal! More Digital, More Global! More Digital, More Professional!”
Generasi Pesona Indonesia (GenPI) merupakan salah satu wadah sukarela yang sangat tepat bagi setiap lapisan masyarakat yang serius dan fokus untuk pengembangan Pariwisata di Daerah khususnya di Cianjur dan umumnya di Indonesia, hadirnya GenPI sangat membantu pada promosi pariwisata, GenPI di bentuk oleh Kementrian Pariwisata yang merupakan pengejawantahan dari program promosi wisata “go digital” yang tengah gencar dilakukan oleh Kemenpar sebagai salah satu strategi pemasaran pariwisata Indonesia. Berawal dari perkumpulan beberapa komunitas yang ada di Cianjur berbekal pengetahuan tentang GenPI, berupa sosialisasi melalui media sosial yang dilakukan GenPI Jawa Barat, maka dibentuklah GenPI Cianjur, yang beranggotakan anak anak berjiwa muda dan aktif di media sosial. GenPI Cianjur dikukuhkan secara resmi tanggal 17 November 2019 oleh Gubernur Jawa Barat , dengan jumlah anggota keseluruhan mencapai 100 anggota. dalam operasionalnya selalu berkoordinasi dengan GenPI Jawa Barat.
Nah cianjur punya lokasi arung jeram yang keren juga selain yang di Cikalongkulon, Kamu mau mencoba keseruannya ? datang aja lokasinya mudah d akses ko. 


EmoticonEmoticon